Selasa, 11 Mei 2010

ko' harus ngeblog?

 Pengalaman masing-masing pribadi berbeda-beda tentang suka duka dunia blogging. Belum lagi, kalau mau ditinjau pendapat orang yang berada di luar dunia ini, tentu akan menghadirkan jawaban yang semakin beragam. Mohon dicatat bahwa ini hanya sebuah pandangan saya secara pribadi dan sama sekali tidak mengandung kebenaran mutlak!
1. Ga' ketinggalan  Teknologi
Kalau seseorang blogging, sudah tentu harus berhubungan dengan komputer, internet, kode HTML, PHP, script, SEO, dan lain-lain yang berhubungan dengan itu. Meski hal ini sebenarnya tidak wajib. Tanpa menguasai itu pun seseorang tetap bisa blogging dengan menyerahkan urusan itu kepada ahlinya. Cuma saja, akan terasa sangat aneh dan sudah pasti akan mengalami banyak kesulitan bila seorang blogger tidak menguasai hal ini sama sekali. Hal ini mesti dikuasai, meski dalam porsi yang sedikit.

2. Belajar Menulis dan Menjadi Mahir Menulis
Ini pointer terpenting manfaat menjadi blogger. Bisa saja, sebelumnya seseorang tak punya kemampuan menulis sama sekali. Tapi, dengan memutuskan untuk terjun blogging, seseorang kemudian “dipaksa” untuk bisa menulis secara terjadwal demi mematuhi skedul posting artikel. “Keterpaksaan” ini yang kemudian membawa seseorang pada kondisi mahir menulis. Menulis itu tidak gampang. Untuk menulis artikel yang berkualitas, orang harus mencari dan membaca beberapa referensi, kemudian mengolah referensi itu menjadi sebuah gagasan yang berguna bagi orang banyak. Oleh sebab itu, kegiatan menulis tak bisa dilepaskan dari kegiatan sebelum menulis itu, yakni membaca. Orang yang terbiasa membaca, akan terbiasa berpikir secara sistematis. Orang yang terbiasa berpikir secara sistematis, akan menulis secara sistematis pula. Dan, mudah-mudahan setelah itu, dia juga bisa berbicara secara sistematis.
3. Menyebarkan Manfaat Kepada Banyak Orang
Seseorang menulis, tentu saja, ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang, agar manfaat tulisan itu bisa dipetik oleh banyak orang. Dengan dibaca oleh banyak orang, maka pada saat itu gagasan yang muncul darinya harus siap pula untuk dievaluasi dan diperdebatkan oleh orang lain. Kondisi ini akan mematangkan kepribadian. Menyebabkan seseorang terbuka terhadap perbedaan pendapat, dan dewasa dalam menerima masukan dari orang lain. Selanjutnya, akan semakin mematangkan pula konsep yang lahir dari pemikirannya.
4. Menyampaikan Pendapat dan Gagasan Secara Spontan
Untuk menyampaikan pendapat tentang suatu kejadian – misalnya, tentang Gurita Cikeas – atau berupa gagasan lainnya, seseorang bisa saja menulis sebuah buku atau menulis di media cetak. Namun, hal itu tak bisa dilakukan secara spontan. Blog mampu menjawab persoalan ini. Melalui blog seseorang langsung dapat menyampaikan pendapat dan gagasannya secara langsung. Kemudian, gagasan itu akan segera mendapat respon melalui komentar, menyebabkan seseorang segera tahu apa pula pendapat orang lain tentang sesuatu yang sedang dikemukakannya. Dan, bukan tidak mungkin, kumpulan-kumpulan artikel di sebuah blog kelak dikumpulkan dan dicetak menjadi sebuah buku.
5. Membuka Pikiran dan Memperbanyak Teman Tanpa Batas
Ngeblog untuk menjalin dan memperbanyak teman/relasi/persahabatan. Ngeblog merupakan wadah sosialisasi karena dengan ngeblog kita bisa mendapat teman baru. Dengan mengunjungi blog orang lain atau dikenal dengan istilah blogwalking, kemudian memberikan komentar berarti kita belajar mengungkapkan pendapat , menerima pendapat orang lain dan memahami orang lain. Dengan ngeblog kita bisa menemukan bahwa ternyata dunia tak sesempit yang kita perkirakan. Tak terbayang sebelumnya kalau ternyata blog bisa memperbanyak kuantitas dan kualitas pertemanan.
6. Ngeblog untuk mencari tambahan penghasilan. 
Banyak yang pada awalnya berpikiran ngeblog untuk mencari uang tambahan dan ini bisa dilakukan lewat blog. Misalnya dengan menjadi publisher Google Adsense atau situs PPC (Pay Per Click) lokal seperti Kumpul Blogger, AdsenseCamp, Adspeedy, dan masih banyak lagi.
Penutup
Ngeblog memang bukan untuk semua orang, karenanya ngebloglah agar anda berbeda dengan orang kebanyakan. Hanya mereka yang benar-benar berkomitmen dan memiliki gairah menulis yang menganggap blog sebagai salah satu media yang mampu menampung hasrat untuk menulis. Bagi blogger sejati, berbagai layanan baru boleh datang dan pergi, tetapi blog tetap teman sejati. Blogger sejati akan tetap hidup sepanjang tetap berkarya, baik lewat tulisan maupun non-tulisan. Kemunculan media sosial baru justru dapat menjadikan blogger lebih eksis dan dimanfaatkan sebagai tempat promosi karyanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Sistem Informasi Managemen. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan