Minggu, 16 Mei 2010

Karakteristik Sistem

  Ada beberapa bagian dari karakteristik system yang tak dapat di lepaskan dari system itu sendiri antara lain :

Komponen Sistem
Yaitu sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang artinya : saling bekerja sama membentuk satu kesatuan . setiap system tidak perduli betapapun kecilnya,selalu mengandung komponen – komponen atau subsistem – subsistem.setiap subsistem mempunyai sifat – sifat dari system untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses system secara keseluruhan .jadi dapat di bayangkan jika dalam suatu system ada subsistem yang tidak berjalan / berfungsi sebagaimana mestinya.
Batas Sistem (Boundary)
Batas suatu system menunjukan ruang lingkup (scope) dari system tersebut,Batas system(Boundary)merupakan daerah yang membatasi antara suatu system dengan system yang lainya atau dengan lingkungan luarnya.Batas system ini memungkinkan suatu system di pandang sebagai satu kesatuan.
Lingkungan luar system
Apapun di luar batas dari system yang mempengaruhi operasi system adalah Lingkungan luar dari suatu system.ada yg bersifat menguntungkan juga merugikan,lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energy dari system dan dengan demikian harus tetap di jaga dan di pelihara.Sedangkan yang merugikanharus di tahan dan di kendalikan,kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari system.
Penghubung (Interface) Sistem
Yaitu media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainya dengan melalui penghubung.Dengan penghubung satu subsistem dapat berinteraksi dengan subsistem lainya membentuk satu kesatuan.
Masukan (Input) Sistem
Masukan system adalah energy yang di masukkan ke dalam system. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energy yang d masukan supaya system tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energy yang dip roses untuk mendapatkan keluaran, Sebagai contoh di dalam system computer,program adalah maintenance input yang di gunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal iput untuk di olah menjadi informasi.
Keluaran (Output) Sistem
Keluran system adalah hasil dari energy yang di olah dan di klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan .Keluaran dapat merupaka masukan untuk subsistem yang lain atau kepada subsistem.Misalnya untuk sistem computer,panas yang di hasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan ,sedangkan informasi adalah keluaran yang di butuhkan.
Pengolah (Process) Sistem
Suatu system dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Suatu system produksi aka mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan bahan yang lain menjadi keluara berupa bahan jadi.
Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal)
Sasaran dari system sangat menentukan sekali masukan yang di butuhkan system dan keluaran yang akan di hasilkan system. Suatu system di nyatakan berhasil bila mengenai sasaranatau tujuanya.

Perbedaan suatu sasaran (Objectives) dan suatu tujuan (gool) adalah,Gool biasanya di hubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Bila meruapakan suatu system utama,seperti misalnya system bisnis perusahaan,maka isitilah gool lebih tepat di terapkan. Untuk system akuntansi dan system – system lainya yang merupakan bagian atau subsistem dari system bisnis, maka istilah objectives yang lebih tepat. Jadi tergantung dari ruang lingkup mana memandang system tersebut. Seringkali tujuan (gool) dan sasaran (objectives) di gunakan bergantian dan tidak di bedakan.

Bersambung

4 komentar:

Tabligh Alfarisyi mengatakan...

thanks y buat imformasinya???

ikutan ngeblog mengatakan...

mantaps!!!!
lanjut terus

evtaindra mengatakan...

makasih...makasih...makasih...

riza pahlevi mengatakan...

mantqap chuyyyy

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Sistem Informasi Managemen. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan